A Review on Exploring the resonant vibration of thin plates: Reconstruction of Chladni patterns and determination of resonant wave numbers Using Research Based Learning

Main Article Content

Nadhira Azzahra Hendra
Sparisoma Viridi

Abstract

Belajar adalah proses perolehan pengetahuan atau keterampilan melalui studi atau pengalaman. Salah satu metode


pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa adalah Research-based Learning (RBL), sebuah metodologi yang bertujuan


menanamkan berfikir kritis, kreativitas, dan keterampilan memecahkan masalah. Pada penelitian ini, metode RBL digunakan untuk


meningkatkan pemahaman dalam percobaan Chladni dengan mengamati fenomena resonansi ketika pelat diberi getaran dengan


frekuensi tertentu serta menentukan besar frekuensi yang menghasilkan pola-pola Chladni. Pada metode ini, siswa akan bekerja


dalam kelompok yang terdiri dari 3 orang. Ada lima langkah yang akan dilakukan pada RBL ini: (i) merumuskan masalah dan


tujuan, membuat hipotesis, (ii) melakukan eksperimen, mengoleksi data hasil eksperimen (iii) mencari informasi mengenai


eksperimen, memproses data (iii) menganalisis data, menjawab rumusan masalah (iv) membuat kesimpulan, (v) mempresentasikan


hasilnya kepada dosen/penguji. Pada akhir eksperimen ini siswa mampu membuktikan hukum Chladni.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hendra, N., & Viridi, S. (2024). A Review on Exploring the resonant vibration of thin plates: Reconstruction of Chladni patterns and determination of resonant wave numbers Using Research Based Learning. Indonesian Journal of Physics, 35(1), 17-20. https://doi.org/10.5614/itb.ijp.2024.35.1.3
Section
Articles

References

[1] Spronken-Smith R and Kingham S, J. Geogr. Higher Edu. 33 (2) 241-253.
[2] Ministry of Education Canada, 2013, Inquiry-Based Learning, Capacity Building Series K-12. Retrieved on July 9th, 2018 from http://www.edu.gov.on.ca/eng/literacynumeracy/inspire/research/CBS_InquiryBased.pdf
[3] Lee V S (ed.), 2004, Teaching and Learning through Inquiry: A Guidebook for Institutions and Instructors, (Virginia, USA: Stylus).
[4] Sanjaya W, 2010, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Prenada Media Group), p. 199.
[5] Summerlee A and Murray J, 2010, Can. J. Higher Edu. 40 (2) 78-94.
[6] Bayram Z, Oskay Ö Ö, Erdem E, Özgür S D and Şen Ş 2013, Procedia-Social and Behavioral Sciences 106
988-996.
[7] Duran M and Dӧkme I, 2016, Eurasia J. Math. Sci. Tech. Edu. 12 (12) 2887-2908.
[8] Avsec S and Kocijancic S, 2014, World Trans. Eng. Tech. Edu. 12 (3) 329-337.
[9] Abdi A, 2014, Universal J. Educ. Res., 2 (1) 37-41.
[10] Anonymous, Vibration Resonance Demonstration Tool SET 909, Basic Physics Experiment System, Pudak Scientific.