A Review on Exploring the resonant vibration of thin plates: Reconstruction of Chladni patterns and determination of resonant wave numbers Using Research Based Learning
Main Article Content
Abstract
Belajar adalah proses perolehan pengetahuan atau keterampilan melalui studi atau pengalaman. Salah satu metode
pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa adalah Research-based Learning (RBL), sebuah metodologi yang bertujuan
menanamkan berfikir kritis, kreativitas, dan keterampilan memecahkan masalah. Pada penelitian ini, metode RBL digunakan untuk
meningkatkan pemahaman dalam percobaan Chladni dengan mengamati fenomena resonansi ketika pelat diberi getaran dengan
frekuensi tertentu serta menentukan besar frekuensi yang menghasilkan pola-pola Chladni. Pada metode ini, siswa akan bekerja
dalam kelompok yang terdiri dari 3 orang. Ada lima langkah yang akan dilakukan pada RBL ini: (i) merumuskan masalah dan
tujuan, membuat hipotesis, (ii) melakukan eksperimen, mengoleksi data hasil eksperimen (iii) mencari informasi mengenai
eksperimen, memproses data (iii) menganalisis data, menjawab rumusan masalah (iv) membuat kesimpulan, (v) mempresentasikan
hasilnya kepada dosen/penguji. Pada akhir eksperimen ini siswa mampu membuktikan hukum Chladni.
Downloads
Article Details
References
[2] Ministry of Education Canada, 2013, Inquiry-Based Learning, Capacity Building Series K-12. Retrieved on July 9th, 2018 from http://www.edu.gov.on.ca/eng/literacynumeracy/inspire/research/CBS_InquiryBased.pdf
[3] Lee V S (ed.), 2004, Teaching and Learning through Inquiry: A Guidebook for Institutions and Instructors, (Virginia, USA: Stylus).
[4] Sanjaya W, 2010, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Prenada Media Group), p. 199.
[5] Summerlee A and Murray J, 2010, Can. J. Higher Edu. 40 (2) 78-94.
[6] Bayram Z, Oskay Ö Ö, Erdem E, Özgür S D and Şen Ş 2013, Procedia-Social and Behavioral Sciences 106
988-996.
[7] Duran M and Dӧkme I, 2016, Eurasia J. Math. Sci. Tech. Edu. 12 (12) 2887-2908.
[8] Avsec S and Kocijancic S, 2014, World Trans. Eng. Tech. Edu. 12 (3) 329-337.
[9] Abdi A, 2014, Universal J. Educ. Res., 2 (1) 37-41.
[10] Anonymous, Vibration Resonance Demonstration Tool SET 909, Basic Physics Experiment System, Pudak Scientific.